Buku Populer

Sabtu, 22 Januari 2011

My Pen Pal

‘’ eh Rekk..daftar nang International Youth…ben oleh konco soko luar negeri ‘’ Kata Nana  16 tahun lalu.. Nana atau Usagi nana atau Ratna Bayuwati adalah teman SMA ku yang paling aktif untuk urusan cari-cari teman kala itu (Nana ini penggemar Sailor Moon.. sedangkan aku penggemar Doraemon )…setelah mendengar celotehnya tentang tuh organisasi ..jadi kepincut untuk ikutan daftar .Saat itu aku masih kelas 2 SMA tepatnya di SMA 2 Surabaya .

Setelah si doi ngiklan sana sini akhirnya dia dapat peserta juga ..tau gak siapa pesertanya ? Aku dan Laila alias Ike  hihiih..Waktu itu biaya pendaftaran untuk mendapatkan teman dari manca Negara adalah $1/nama penpal .. aku pesan 2 teman dari manca Negara jadi saat itu aku membayar $2 ..weww..16 thn lalu aku sudah melakukan trasaksi dalam mata uang US dollar …kalo gak salah saat itu $1 =Rp.2500 = Rp.5000 = 10 hari uang jajanku saat itu  :D

Setelah registrasi ..kita mendapatkan semacam kartu member ..2 minggu setelah daftar kita mendapatkan 2 teman dari manca Negara .. oya ..saat itu aku mendapatkan 2 teman ..satu dari England dan satu dari Malaysia  karena saat itu aku memilih penpal dari eropa dan Asia. Senangnya minta ampun saat itu ketika tau mendapatkan teman dari mancanegara .

Setelah mendapatklan Identitas calon penpal kita dan identitasku sdh dipegang ama penpal di seberang sana ..aku mencoba untuk kirim surat for 1 st time..yeah…pengalaman pertama berkorespondensi dengan teman-teman di luar Indonesia .. harap-harap cemas sih saat itu ..dibalas gak yah..dibalas gak yah ..hehehe..FYI .. penpalku yang dari England itu cewek ..ah..lupa namanya ..hanya 2 x berkorespondensi .. dan yang dari Malaysia cewek juga namanya Salmahani Senik..asal Trengganu Malaysia.

Seminggu…2 minggu ..3 minggu aku menanti balasan suratku kok gak ada ya ..sempet ah..ni organisasi ngaco kale ee..eee.. pas 1 bulan dari aku kirim surat ..ada balasan dari penpalku Malaysia dan 2 bulan kemudian ada balasan dari penpalku di England …waaa..girang betul aku…amazing gak nyangka aku bisa punya teman dari dunia lain …sssttt..dunia di luar Indonesia..teman selain teman2 sekolah dan teman2 di rumah ..norak deh saat itu. Oya 16 tahun lalu email dan sms belom ada ..telpon mahal bangett saat itu.

Asyikk banget ternyata berkorespondensi lewat surat ..aku sangat menikmatinya , banyak hal baru yang ku dapat salah satunya perangko .Melihat perangko yang tertempel di sampul surat dari penpal aku ajua aku dah suenanggg banget ..hal lain suatu yang beda yang sering kujumpai di Surabaya . Semua mengalir begitu saja .Asyiknya lagi berkorespondensi dengan mereka ..aku menjadi sering mendapatkan souvenir-sovenir mulai dari mata uang,perangko,postcard ,foto mereka …dan mereka pun sebaliknya mendapatkan souvenir-sovenir dariku . Gak sadar aku jadi gila souvenir saat itu ..setiap jalan ke jalan tunjungan pasti menyempatkan diri masuk ke sarinah..ajibb bener dah masuk sarinah waktu itu…aku bela-belain gak jajan supaya bisa beli souvenir yang dijual di sarinah ..mulai wayang,gantungan kunci,postcard ,miniature tugu pahlawan …meskipun gak jajan beberapa hari tp puas banget bisa membelikan mereka souvenir sebagai balasan setiap aku berkirim surat.Selain jadi gila souvenir aku juga jadi gila foto…ya ..aku suka pinjam kamera tetangga/sodara untuk di foto hehe..bener-bener mengasyikkan deh berkorespondensi dengan mereka . Mereka menceritakan sekolahnya,kotanya,tempat tinggalnya ,keluarganya dan yang paling seru gebetannya J
Diantara 2 penpal mancanegaraku yang konsisten kirim-kirim surat ya si Salmahani dari Trengganu Malaysia …saat itu aku belom berjilbab tapi dia sudah berjilbab..berjilbab lebar …mungkin dia juga jadi gila souvenir dan gila difoto seperti aku kaleee..setiap surat yang dikirim pasti ada souvenir + foto nya …sampai detik ini kira2 sudah ada  2 Album full  foto dia + souvenir yang kusimpan di rumah ibuku di Surabaya.

Acara berkorespondensi terus berlanjut hingga aku kelas 3 SMA ..dimana aku sibuk mempersiapkan Ebtanas dan UMPTN ..tetep semangat lho berkorespondensi dengan Salmahani..secara gak sadar dia sudah menjadi bagian hidupku yang selalu memberikan support selain sahabat-sahabatku dan orang tuaku. ..aneh ya ..kami  hanya tau wajah dan tulisan saja bisa segitunya saling memberi support.Setiap Mr postman datang ke rumah membawa surat dari si Salmahani ..aku kegirangan ..loncat-loncat dan langsung membuka sampul surat..sellau pengen tau ada cerita apa saja dari dia .. tahukah kalian sekali kirim surat berapa lembar  cerita yang dia tuliskan untukku ..ada 5 lembar ..tulisan tangan dengan kertas surat yang indah.

Bulan Juli 2006 aku berangkat ke Bandung untuk melanjutkan sekolah disana selepas SMA…awalnya berat banget berpisah dengan sahabat-sahabtku di Surabaya ..apalagi sejak lihat lokasi sekolahku ..di pelosok jauh dari keramaian  dan bertemu dengan teman-teman baru ..pasti aku harus melewati lagi tahapan adaptasi.fiuhhhhh..di Bandung aku tinggal di Asrama putri ..sekamar berisi 8 orang  dari berbagai macam daerah dan dari berbagai latar belakang kehidupan.

Awal-awal sekolah di Bandung sering bête dan home sick …yang adaptasi dengan teman-teman,adaptasi cuaca,adaptasi makanan yang 80% gak cocok di lidah dan adaptasi pelajaran tentunya hehehe. Mau sering-sering pulang ke Surabaya berat di ongkos.. hadoohhh jadi dibeth-betahin deh ahhhhh di sana .

Sempet terputus sih korespondensi dengan salmahani selama beberapa bulan, baik aku atau dia gak kirim surat ..ada yang hilang..mungkin dia juga lagi sibuk dengan ujian masuk perguruan tinggi, dia saat itu tengah mempersiapkan Ujian mendapatkan beasiswa sekolah di Al Azhar kairo.
Alhamdulillah..baru 2 minggu di asrama ..ada surat dari sahabatku semasa SMA ..surat pertama itu dari Eni Maudyah..aku ingat betul …itu surat pertamanya dan menjadi my domestic penpal hehe..ihh si eni seru banget cerita masa OSPEK nya di ITS …aku pun juga menceritakan pengalamanku OSPEK di ST3 terutama OSPEK di Asrama ..kalo ingat semua itu jadi ngakakkkkkk..culun bener deh saat itu ..
Penpal domestikku yang suratnya muncul juga di asrama adalah Weni Agustyah, ada dari Honi Tjahyo Nugroho, trus ada surat dari Laila Faiq/Ike ,  dan dari Alief firmansyah  pun juga ada bahkan si Mr fitenes Virady sindu pun ikut kirim surat juga ,..dari ratna Bayuwati juga ada  heheeh… ya ..mereka-mereka ini penpal domestic ku …bener-bener mengasyikkannn jika sedang menulis atau membaca surat dari mereka …gak nyangka mereka telah memberikan energy tersendiri  untuk ku dlam menjalani hari-hariku di Bandung ..jadi lebih berwarna selain urusan kuliahhh dan praktikum :)

Di kamar ..aku disebut Miss Surat..hampir tiap hari ada saja surat untukku ..kalau sudah menerima surattt..urusan kuliah jadi nomor 2 …minggir-minggir deh belajar untuk  kuis,tugas bahkan belajar untuk Ujian semester pun jadi nomer 2… urusan membalas surat mereka dan membaca surat dari mereka menjadi yang nomer 1 ….I love Them so much ..mereka sumber kebahagiaanku dan sumber motivasiku disamping surat-surat dari orang tua kala itu..ihh teman-teman sekamar suka senyum-senyum dan ingin tau apa sih isi surat untuk Rinda itu..sampai rinda segitunya ..segitu senangnya ..hahaha..mereka kan jarang dapat surat gak sesering akuuu..sekedar informasi ..aku selalu menyimpan surat-surat itu di meja belajar ..gak tau deh kalo ada teman sekamar yang iseng baca-baca tanpa sepengetahuanku.
Gak nyangka mereka yang di dalam kelas dulunya antiq-antiq bisa menulis surat sepanjang itu dan banyak cerita cerita konyol yang mereka tuliskan untukku …kadang ada sedih,ada suka,ada ceria ada semangat di setiap tulisan-tulisan mereka…ya semangat gila souvenir pun tumbuh lagi..aku suka beli stiker-stiker khas ST3,ITB bahkan membeli boneka kayu Bandung ..si Cepot …hayooo diantara kalian siapa yang pernah dapat si Cepot ini *.^ Asyik banget berkorespondensi dengan penpal domestic ku .. weww..ada yang cerita suka duka kuliah di ITS , ada yang kayak emak-emak menasehatiku, ada yang cerita siapa kecengannya tiap  bulan  hahahha.
Apalagi semenjak aku kenal Newy..teman di asrama tapi beda kamar ..dia di lantai 2 aku di lantai 1… sejak kenal Newy ..hobi nulis suratku makin menjadi . Newy si Miss.Surat di lantai 2 telah mengajarku banyak hal untuk urusan surat-menyurat,berkorespondensi yang tertib :p … Nih..aku jadi ikut gaya Newy ..setiap surat yang datang selalu kutuliskan nomor  urut surat …jadi sampai saat ini sudah ada 206 surat dari my domestic and International penpal. Dan sejak kenal Newy pula ..aku mengenal dunia filateli …gak sekedar mengenal perangko …aku jadi mengenal sampul hari pertama ( SHP), atau souvenir sheet . Aku jadi sering ikutan Newy main-main ke kantor pos besar di bandung..membeli SHP,souvenir sheet atau perangko terbaru ..untuk hal yang satu ini Newy gak main-main deh ..dia bisa merogoh kantongnya dalam-dalam untuk bisa membeli tuh mainan di kantor pos :p

Bulan ke 3 aku di bandung ..barulah Salmahani memberikan kabarnya …dia diterima di AL Azhar …kerennn..dia mengirimkan fotonya di depan Piramid. ..kita  jadi tuker-tuker an cerita ..senangnya hati ini ..aku tinggal di kota lain selain Surabaya dia juga ..jadi banyak hal berwarna kala itu..cerita pun sangat  variatif..berbagi pengalaman dan cerita ,berbagi foto-foto terbaru bak foto model ..dan tentunya berbagi souvenir J. Dengan Salmahani aku hanya kenal sosok dia dari foto dan tulisan nya saja  saat itu..kami saling korespondensi sampai akhir tahun 2000.. setelah itu lost kontak dan gak pernah kirim-kirim surat. Surat-surat dari my domestic dan International pen pal..masih tersusun rapi lhoo.
Sejak aku menikah dan punya anak sama sekali tak ada itu kegiatan korespondensi by surat …pada tanggal 27 Agustus 2010 aku menerima surat lagi dari Salmahani Senik ( surat itu di alamatkan ke bandung di sepupuku  dan sepupuku yang baik hati itu mengirimkan ke depok) .. kagettt terkagett  what ??..dia masih mengingatku di kala aku hampir melupakannya ? ..dia mau meluangkan waktu menuliskan surat dan mengirimkan ke Bandung hanya untuk mencariku  ( GR ..se GR GR nya ).. Ya Allah ..betapa bahagianya aku dikaruniai penpal yang sangat-sangat setia …dan di suratnya itu untuk pertama kalinya dia mencantumkan nomer telponnya :)

Aku segera search di FB siapa tau pen palku ada di dunia maya sehingga aku gak perlu lagi menulis lewat surat dan perangko lagi..cukup lewat email …tapi gak ada dia di dunia maya…betapa egonya aku ..gak mau menyempatkan menulis lagi untuk menjalin silaturahmi  dengannya .
Melihat dia menyelipkan 2 nomer telpon ..hatiku pun tergerak untuk menelponnya …begini ini  awal ku telpon dia ,aku penasaran mendengar suaranya ..aku memulai memencet  key pad di hp n say “ Assalamu’alaikum.. can I speak with Salmahani senik? ‘’ ..ndan terdengar suara seorang wanita di seberang telpon menjawab  dengan logat Malaysia yang khas ‘’ Wa’alaikumsalam, I’m Salmahani senik, who are you ?’’ ,,, waaaaa….inikah suara yang telah menjadi penpal ku 16 tahun ini batinku … aku menjawab ‘’ This is Rinda ‘’’ …secara bersamaan kita tertawa ‘’ hahahahahahaha” ..lalu telpon di tutup .

Speechless sampai tak ada kata yang bisa kuungkapkan untuk telpon pertama kali tersebut … ya tak ada kata,tak ada ide yang muncul ... yang ada luapan kebahagiaan selama 16 tahun baru kali ini kita berkenalan suara  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar