Buku Populer

Minggu, 23 Januari 2011

Ranah 3 Warna

Ranah 3 Warna
Resesnsi By : Rinda

Sekuel dari Negeri 5 menara ini menceritakan perjuangan hidup Alif selepas dari Pesantren Madani . Dia masih bermimpi untuk  bisa melanjutkan sekolah hingga ke Amerika  dan dia sadar untuk ke sana dia harus kuliah di Indonesia  dan itu dia harus lolos UMPTN  . Buku yang di bagian awal bercerita perjuangan Alif yang notabene lulusan pesantren  mendapatkan ijazah penyetaraan SMA dan bagaimana usahanya untuk bisa menembus UMPTN , semangat ini terpacu oleh persaingannya dengan Randai .
Perjuangan nya itu berhasil membawanya menginjakkan kaki di kota Bandung meskipun jurusan bukan Tehnik dia cukup berbahagia karena bisa lolos masuk HI Unpad . Saya berurai air mata saat membaca perjuangan hidupnya setelah ayahnya meninggal ,bagaimana dia bisa mencukupi hidupnya bahkan dia harus bisa mencukupi amak dan adik-adiknya ,. Kisah yang inspiratif  modal mantra Manjadda wajada  saja ternyata tidaklah cukup ..dia teringat pesan kiai nya di pesantren madani  hingga dia perlu menggunakan mantra Man sabhara man zhafira . Kesabarannya  dan kesungguhannya teruji disini .
Buku yang di tulis dengan bahasa yang enak dipahami menuturkan badai kehidupan yang harus di lalui Alif , dia hampir saja menyerah tapi selalu saja ada jalan sehingga dia bisa bangkit , terkadang dia terjatuh lalu bangkit lagi. Perjuangan dan penderitaannya terbayar lunas tatkala dia dan sepatu hitamnya  bisa menjejakkan kakinya di Yordania yang berpasir cirri khas Negara timur tengah dan  menjejakkan kakinya di Kanada untuk program beasiswa .Bagaimana dia mengalami gegar budaya untuk pertama kalinya ...hmm baca deh buku ini !

Saya suka dengan cover buku ini ...ada rumput yang mengidentifikasi Indonesia yang subur , ada pasir yang identik dengan Negara Timur Tengah, ada daun mapel Khas Kanada  dan satu lagi sepatu hitam yang menggambar langkah kaki Alif ... dia telah melangkahkan kakinya untuk pertama kalinya dalam Ranah yang berbeda  dan 3  warna budaya .
Buku ini banyak memuat mantra-mantra positif yang bisa kita ambil … so segeralah baca buku ini untuk mempompa semangat anda dan melawan rasa malas pada diri !!

Penulis : A Fuadi
Penerbit : PT.Gramedia
Harga : Rp.65.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar