Buku Populer

Rabu, 17 November 2010

Negeri 5 Menara

Resensi Buku ‘’ Negeri  5 Menara ‘’ by Rinda


Seumur hidupnya Alif tidak pernah menginjak tanah di luar ranah Minangkabau. Masa kecilnya di lalui dengan berburu durian runtuh di rimba bukit barisan ,main bola di sawah dan mandi di air biru Danau Maninjau. Tiba-tiba dia harus melintasi punggung sumatera menuju sebuah desa di pelosok Jawa Timur. Ibunya ingin dia menjadi Buya Hamka walaupun Alif ingin menjadi Habibie . Dengan setengah hati dia mengikuti perintah Ibunya : belajar di Pondok ! .

Di hari pertama di Pondok Madani ( PM ) Alif terkesima dengan ‘’mantera’’ Man Jadda Wajada yang artinya ‘’ Siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses ‘’. Diperstaukan  oleh hukuman jewer berantai , Alif berteman dengan Raja dari Medan ,Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atatng dari Bandung dan Baso dari Gowa. Di bawah menara masjid ,mereka menunggu adzan magrib sambil menatap awan lembayung yang berarak ke ufuk. Awan-awan itu menjelma menjadi Negara dan benua Impian masing-masing.Kemana impian membawa mereka ? mereka tidak tahu . Yang mereka tahu adalah  : Jangan pernah meremehkan Impian , walau setinggi apa pun. Tuhan Maha Mendengar .

Negeri 5 menara ini merupakan buku pertama dari  sebuah Trilogi yang ditulis oleh A. Fuadi,mantan wartawan Tempo & VOA,penyuka  fotografu, yang kini menjadi Direktur Komunikasi NGO konservasi. Alumni Pondok Modern Gontor ,HI Unpad, George Washington University dan Royal Holoway University of London ini meniatkan setengah dari royalty buku untuk pendanaan komunitas menara,sebuah organisasi social berbasis volunteerism yang ingin menyediakan sekolah ,perpustakaan,klinik dan dapur umum gratis untuk kalangan tidak mampu.

Membaca buku ini paradigma saya  langsung berubah dalam memandang sebuah pesantren ..pesantren bukan lagi sebagai Sekolah ‘kelas 2’ tempat buangan anak2 nakal tetapi pesantren adalah tempat pendidikan Kelas Wahid  sehingga anak-anak yang akan dimasukkan ke dalamnya pun adalah anak2 terbaik .

Buku ini sangat bagus sebagai referensi bacaan ketika memilih sebuah  tempat pendidikan bagi putra putrinya , bagi kaum muda yang mempunyai cita-cita dan bagi pelaksana  di institusi pendidikan .

Judul : Negeri 5 Menara
Penulis : A.Fuadi
Penerbit : Gramedia
Harga Buku : Rp.50.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar